Rabu, 20 Juni 2012


MANAHILUL IRFAN
PELAYANAN TERHADAP PUBLIK OLEH STASIUN KERETA API JEMBER
Pelayanan prima menurut Barata (2004:27) adalah “Kepedulian kepada pelanggan dengan memberikan layanan terbaik untuk memfasilitasi kemudahan pemenuhan kebutuhan dan mewujudkan kepuasan agar pelanggan loyal kepada organisasi”. Oleh karena itu sebagai aparatur negara wajib melayani setiap warga negara untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dalam rangka pelayanan umum dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Kereta api merupakan salah satu transportasi yang disukai oleh masyarakat, baik dari masyarakat bawah, menengah maupun masyarakat kalangan atas. Maka untuk memenuhi kebutuhan akan transportasi kereta api tersebut. Maka PT KAI memberikan pelayanan tiga jenis kereta api. Yang pertama kereta api Eksekutif, yang kedua Kereta Api Bisnis, dan yang ketiga Kereta Api Ekonomi. Stasiun Kereta Api jember merupakan salah satu instansi pemerintah yang menyediakan jasa layanan public berupa jasa transportasi. Di Stasiun Kereta Api Jember terdapat 7 Kereta Api yang memberikan jasa layanan terhadap Publik. Kereta Api tersebut antara lain:
1.      Kereta Api Eksekutif & Bisnis Mutiara Timur Tujuan Banyuwangi-Surabaya atau sebaliknya.
2.      Kereta Api Ekonomi Logawa Tujuan Jember-Purwokerto atau sebaliknya.
3.      Kereta Api Ekonomi Sritanjung Tujuan Banyuwangi-Jogjakarta atau sebaliknya.
4.      Kereta Api Ekonomi Tawang Alun Tujuan Banyuwangi-Malang atau sebaliknya.
5.      Kereta Api Ekonomi Probowangi Tujuan Probolinggo-Banyuwangi atau sebaliknya.
6.      Kereta Api Ekonomi Pandanwangi Tujuan Banyuwangi-Jember atau sebaliknya.
7.      Kereta Api Eksekutif & Bisnis Mutiara Malam Tujuan Banyuwang-Surabaya atau sebaliknya.
Demi meningkatkan kualitas pelayanan PT KAI menerapkan kebijakan terbaru dengan tiket penomeran dan penghapusan tiket berdiri pada kereta. Maka untuk mengimbangi kebijakan tersebut stasiun kereta api jember membuka loket mulai pukul 04.00 wib khusus untuk pembelian tiket kereta api Probowangi dan Pandan wangi pada hari H keberangkatan. Sedangkan untuk pembelian tiket kereta api Tawang Alun, Logawa dan Sritanjung dapat dibeli sebelum hari keberangkatan. Selain itu terdapat fasilitas tambahan berupa ATM dan Costumer Service di dalam Stasiun Kereta Api Jember.
Namun dari pelayanan yang diberikan terdapat kekurangan, meski terdapat Costumer Service dalam memberikan informasi, namun bagi masyarakat yang jarak rumahnya jauh dari stasiun merasa tidak mengetahui akan kebijakan terbaru oleh PT KAI. Dan hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang mengeluhkan sering tidak mendapatkan tiket atau kehabisan tiket pada kereta api Probowangi dan Pandanwangi. Sehingga masyarakat yang berangkat keluar kota dengan menggunakan kereta api, seringkali kehabisan tiket karena ada pembatasan tiket pada setiap stasiun.
 Permaslahan yang sering muncul terhadap pelayanan stasiun kereta api jember adalah kehabisan tiket. Sedangkan dari pelayanan lain masyarakat sudah merasa cukup atas pelayanan yang diberikan oleh stasiun kereta api jember. Karena menurut masyarakat dengan adanya Costumer Service dan ATM di dalam stasiun  sangat membantu sebagian masyarakat dalam menggali informasi mengenai perkereta apian baik mengenai jadwal keberangkatan maupun harga tiket kereta api. Disisi lain dengan adanya kebijakan baru dari PT KAI atas penghapusan tiket berdiri membuat masyarakat lebih tenang dalam menggunakan jasa transportasi kereta api. Dengan adanya kebijakan tersebut masyarakat tidak harus mengantri di stasiun dalam pembelian tiket kereta api.
Hasil pengamatan saya kemaren dalam pembelian tiket diloket tidak ada pengantrian di setiap kereta api yang akan dinaikin. Sedangkan dari penumpang yang akan menggunakan kereta api datang satu jam sebelum kereta api datang. Dan hal tersebut tidak menyebabkan pengantrian di loket pembelian tiket kereta api, karena kebanyakan masyarakat sudah memesan tiket kereta api jauh-jauh hari. Kedatangan dan keberangkatan kereta api berjalan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Penghapusan tiket peron bagi pengantar membuat pelayanan disisi direspon baik bagi pengguna kereta api disisi juga direspon kurang diterima. Karena bagi pengantar hal tersebut membuat tidak bisa mengantarkan keluarganya sampai naik. Disisi yang lain penghapusan peron dirasa baik karena dapat mengurangi penumpang gelap. Di luar stasiun penerapan satu tiket parkir membuat para pengguna kereta yang hendak pergi keluar kota beberapa hari dapat tenang karena pengamanan kendaraan bagi pengunjung stasiun sudah di maksimalkan. Namun masih banyak perbaikan dalam pelayanan yang diberikan oleh pihak stasiun. Yang pertama pemberian tempat teeduh terhadap parkir sepeda motor. Kedua penambahan fasilitas toilet disekitar loket pembelian tiket. Serta penerapan kembali tiket peron yang dirasa cukup membuat masyarakat semakin lebih puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar